Kamis, 31 Oktober 2013

Efek Sosial Media terhadap Hubungan Anda



Sekarang ini hampir semua orang memiliki akun media social, baik itu facebook, twitter,blog, dan lain lain. Media sosial yang  menjamur sekarang ini  tentunya memiliki banyak manfaat bagi penggunannya. Makanya mereka mau menggunakannya dan semakin banyak orang meng memiliki akun media sosial. Efek media sosial (sosmed) tentunya tidak positif saja, tapi juga banyak sisi negatifnya juga. Lha disini kita akan bicara soal efek sosial media terhadap hubungan anda, baik sama suami/istri, pacar, teman, keluarga.lha pertama kita akan membahas efek positifnya dulu. Monggo dilanjutkan :
1. Menemukan kembali teman lama
Dahulu sebelum adanya Handphone atau bahkan sosial media, orang sering lost contact dengan teman2 yang terpisah dengan jarak yang jauh yang tidak memungkinkan bertemu. Bisa berhubungan pun dengan surat yang tentunya memerlukan waktu yang lama dan biaya yang tidak sedikit. Namun setelah adanya sosial media dengan biaya yang murah orang dengan mudah mencari teman lama yang sudah lama tidak bertemu, dan caranya juga mudah. Akibatnya kita dengan mudah dapat berkomunikasi dengan teman2 yang lain juga
2. Mempermudah berkomunikasi dan berkirim pesan
Kita tidak harus menulis surat yang membutuhkan kertas dan bolpoin serta amplop dan jauh2
mengirimkan surat tersebut via kantor pos. Sekarang tinggal modal koneksi internet dan hp yang support maka sudah dengan mudah berkirim pesan dan berhubungan dengan orang lain.
3. Mudah mencari teman baru
Lha kalo yang ini semua orang yang punya akun sosmed pasti pernah mengalaminya. Kita mendapatkah kawan2 baru yang dulunya tidak kita kenal. Dan bahkan orang yang sangat jauh sekalipun. Dan kita semakin luas membangun tali silaturahimnya.
Lha itu tadi sedikit dari manfaat positif dari sosial media bagi hubungan anda. Lha kita lanjut ke manfaat negatifnya dan ini yang perlu kita cermati dan pahami agar kita bisa lebih berhati2. Monggo disimak.
1. Memperenggang hubungan pasangan
Penelitian akhir – akhir ini membuktikan bahwa sosial media membuat sepasang kekasih menjadi lebih renggang. Hal itu bisa dikarenakan sudah mulai jarang bertemu atau telpon dan memili berhubungan via sosmed.
2. memancing Anda untuk selingkuh
Tanpa kita sadari kita seringkali mencari teman2 lama kita, keluarga jauh dan lebih sering kita mencari status mantan2 kita ketika kita lagi berselancar di sosial media. Dari situ bisa terjadi hubungan kembali dengan mantan2 anda dan semakin sering anda bernostalgia dan akhirnya bisa berpotensi terjadi perselingkuhan.
3. Teman Curhat yang jelek
Ketika seseorang sedang berselancar dengan disosial media kita curhat atau menyindir pasangan disosial media, hal ini pernah kita bahas di artikel sebelumnya bahwa curhat di sosial media bisa memperburuk hubungan kita.  Ketika kita curhat atau menyindir pasangan kita dan itu dibaca oleh pasangan kita, maka yang terjadi adalah kecemburuan dan ketidak enak hati pasangan anda yang mengakibatkan pasangan anda mulai tidak berkomunikasi dengan anda.
4. tempat penipuan yang efektif
Semakin sering kita mendengar orang yang diajak kabur oleh teman yang baru dikenal di fb, di perkosa bahkan dibunuh. Hal2 itu yang sering membuat orang lupa ketika menjalin hubungan baru dengan orang yan tidak dia kenal.
Itu sedikit sharing tentang efek sosial media terhadap hubungan Anda, semoga kita semua menyadari dan berhati2 lagi dalam menggunakannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar